-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

10 Tanda Gejala Asam Urat Tinggi

10 Tanda Gejala Asam Urat Tinggi - Apakah Anda pernah mengalami berbagai gejala penyakit asam urat? Penyakit asam urat memang menjadi salah satu penyakit yang paling banyak terjadi kepada orang lanjut usia. Tapi saat ini banyak juga orang dewasa yang masuk ke usia pertengahan mengalami beberapa gejala asam urat.


Penyakit asam urat merupakan kondisi di mana tubuh mengalami penumpukan zat asam urat. Penumpukan zat asam urat tersebut menyebabkan rasa tak nyaman terutama di bagian kaki atau jempol kaki.
Gejala asam urat sejak awal memang harus mendapat perhatian. Penyakit asam urat yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan asam urat akut. Untuk mengetahui apakah Anda terserang penyakit asam urat atau tidak, berikut ini merupakan tanda-tanda asam urat yang harus Anda ketahui.
  • Nyeri sendi kaki

Gejala awal yang seringkali muncul adalah rasa tak nyaman di bagian sendi kaki. Beberapa orang tua kerap mengeluh tentang sendinya yang tiba-tiba terasa sangat panas dan lemah untuk digerakkan. Kadang-kadang, rasa nyeri terjadi di malam hari.
  • Jempol kaki terasa sakit

Biasanya. rasa nyeri di bagian jempol terjadi di malam hari. Rasa nyeri didefinisikan sebagai perasaan tak nyaman di jempol kaki. Terkadang, hal ini dapat membuat penderita tak dapat tidur, gampang emosi, tak bisa menggerakkan jempol kaki dan merasa tubuh jadi lemah.
  • Kaki terasa panas layaknya terbakar

Perasaan kaki yang tiba-tiba sangat panas dapat terjadi akibat kadar asam urat sangat tinggi dalam darah. Rasa panas dapat terjadi mulai dari jempol kaki lalu menyebar ke semua bagian. Gejala asam urat ini bisa membuat penderitanya tidak mendapatkan istirahat yang cukup.
  • Jaringan mengeras pada sendi

Bagi orang yang terbiasa mengalami gejala asam urat tinggi, maka sangat perlu memerhatikan kondisi sendi tubuh. Beberapa gejala lanjutan yang perlu diperhatikan yaitu seperti bagian sendi yang terasa nyeri menjadi sangat kaku. Sehingga membuat sendi susah digerakkan. Bila tidak mendapat perawatan yang tepat, maka dapat menyebabkan sendi mati rasa sehingga berpotensi mengalami lumpuh.
  • Persendian membengkak

Persendian bengkak akibat penumpukan asam urat di bagian sendi. Asam urat yang menumpuk di aliran darah terbawa sampai ke bagian sendi. Tapi, gejala sendi yang bengkak ini biasanya muncul setelah serangan asam urat sering terjadi. Orang lanjut usia yang mempunyai beberapa penyakit lain seperti diabetes biasanya menunjukkan gejala ini.
  • Kemerahan pada sendi

Rasa terbakar di bagian persendian dapat menyebabkan sendi tampak memerah. Biasanya, ini termasuk gejala yang sangat komplek. Sendi bengkak, kaku dan kemerahan menjadi pertanda bahwa kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi.
  • Tak dapat bergerak dengan bebas

Karena sendi bermasalah akibat tumpukan kadar asam urat, maka lama kelamaan sendi tidak bisa digerakkan dengan bebas.
  • Sendi tak dapat digerakkan

Setelah sendi tidak dapat digerakkan dengan bebas, maka perawatan penting sekali dilakukan. Jika tidak, maka dapat menyebabkan sendi yang sebelumnya masih dapat digerakkan akan menjadi susah untuk digerakkan. Potensi kelumpuhan pun sangat besar bila kondisi ini terlanjur terjadi.
  • Sendi terasa sangat gatal atau bersisik

Sendi yang terasa panas kadang-kadang disertai dengan permukaan atau jaringan kulit yang bersisik, gatal dan kemerahan. Ini termasuk gejala awal yang seringkali tidak diperhatikan. Saat kulit pada sendi sudah mengeras maka kadar asam urat perlu dikendalikan. Bila tidak, maka gejala dapat menjadi lebih buruk dan dapat menyebar ke area sendi disekitarnya.
  • Sendi tak nyaman

Sendi yang tak nyaman biasanya muncul di siang dan malam hari setelah beberapa gejala lain sudah terjadi. Orang yang terserang gejala ini mungkin akan merasa semua area pergelangan kaki dan tangan sama sekali tidak nyaman untuk digerakan. Perasaan ini bisa bertahan selama lebih dari 3 hari dalam 1 kali serangan. Setelah itu sendi akan terasa normal seperti tak pernah sakit.

sumber : www.harussehat.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter