-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Tanda Peringatan Dini Kanker Payudara

Tanda Peringatan Dini Kanker Payudara - Karena penggunaan rutin skrining mamografi, banyak kanker payudara di AS ditemukan pada tahap awal, tepat sebelum tanda-tanda peringatan muncul. Namun, tidak semua kanker payudara ditemukan melalui mamografi.

Tanda peringatan

Tanda-tanda peringatan kanker payudara sebenarnya tidak sama untuk semua wanita.

Sebagian besar tanda-tanda umum adalah:


  • Perbedaan tampilan atau nuansa payudara
  • Selisih tampilan atau nuansa puting
  • Nipple discharge

Jika Anda memiliki beberapa tanda peringatan yang dijelaskan di bawah ini, temui penyedia layanan kesehatan. Jika Anda tidak memiliki penyedia layanan, cara terbaik untuk menemukan yang terbaik adalah mendapatkan rujukan dari anggota keluarga atau teman tepercaya. Jika itu bukan pilihan, konsultasikan dengan departemen kesehatan Anda, beberapa klinik atau rumah sakit terdekat. Jika Anda diasuransikan, perusahaan asuransi juga dapat memiliki daftar penyedia di wilayah Anda.

Dalam kebanyakan kasusnya, perubahan semacam ini bukan kanker. Salah satu contohnya adalah nyeri payudara. Ini sebenarnya lebih umum dengan kondisi payudara jinak dibandingkan dengan kanker payudara, tetapi ada satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah memeriksakannya. Jika jenis perubahan ini berubah menjadi kanker payudara, cara terbaik adalah menemukannya pada tahap awal, ketika peluang untuk bertahan hidup adalah yang tertinggi.

Benjolan atau benjolan payudara

Banyak wanita mungkin merasa payudaranya terasa kental. Jaringan payudara secara alami memiliki tekstur bergelombang. Sebagian dari kita wanita memiliki lebih banyak gumpalan di payudara mereka daripada yang lain. Dalam kebanyakan kasusnya, ini bukan alasan untuk khawatir. Dalam kasus lekuk yang dapat dirasakan seluruh payudara dan terasa seperti payudara Anda yang lain, maka sebenarnya kemungkinan besar adalah jaringan payudara yang normal.

Sebagian dari benjolan yang terasa lebih keras atau berbeda dari sisa payudara (atau payudara lainnya) atau yang merasa seperti perubahan harus diperiksa. Benjolan semacam ini mungkin merupakan tanda kanker payudara, atau beberapa kondisi payudara jinak (seperti kista atau fibroadenoma).

Temui penyedia layanan kesehatan jika Anda:


  • Temukan benjolan baru (atau perubahan lain) yang terasa berbeda dari bagian payudara Anda yang lain
  • Temukan benjolan baru (atau perubahan lain) yang terasa berbeda dari payudara Anda yang lain
  • Rasakan sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang Anda rasakan sebelumnya


Jika Anda sudah memiliki benjolan jinak di masa lalu, jangan langsung menganggap gumpalan baru juga akan menjadi benjolan. Benjolan baru ini tidak dapat menjadi kanker payudara, tetapi yang terbaik adalah memastikan apakah itu benar.

Nipple discharge

Membocorkan cairan dari puting Anda (cairan puting) mungkin mengganggu, tetapi itu tidak sering menjadi tanda kanker payudara. Keluarnya cairan dari benjolan mungkin merupakan reaksi alami tubuh Anda ketika puting ditekan. Tanda-tanda kondisi yang lebih serius (seperti misalnya kanker payudara) termasuk keluarnya cairan yang:

  • Terjadi tanpa menekan puting
  • Terjadi hanya dalam 1 payudara
  • Apakah jenis berdarah atau bening (tidak seperti susu)
Keluarnya cairan dari puting mungkin juga disebabkan oleh infeksi atau kondisi lain yang memerlukan perawatan. Jika Anda mengalami keputihan puting, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter